ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Kesehatan

Malas Bergerak Ini Penyakit yang Akan Mengintai Anda

Rabu , 02 Januari 2019 | 10:31
Malas Bergerak Ini Penyakit yang Akan Mengintai Anda
Ilustrasi Malas Bergerak (Waspda)

BERKEMBANG pesatnya teknologi seperti internet, televisi, komputer, dan smartphone saat ini membuat banyak orang menjadi lebih malas untuk menggerakkan badan.

Pasalnya, perangkat-perangkat yang disebutkan tadi dinilai sudah bisa menyediakan semua kebutuhan tanpa Anda harus repot-repot bangkit dari tempat duduk atau kasur.

Tak hanya itu banyak orang juga menjadi terlalu tenggelam dalam penggunaan gadget hingga malas ke mana-mana. Nah, tahukah Anda bahwa gaya hidup yang seperti ini berbahaya bagi kesehatan?

Apa saja penyakit yang mengintai Anda jika malas bergerak?

1. Penyakit jantung

Di Indonesia, malas bergerak biasanya dikombinasikan dengan merokok dan mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi. Gaya hidup yang tidak sehat ini otomatis bisa kian melemahkan kemampuan jantung Anda, terutama jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang secara terus menerus. Lemahnya fungsi jantung dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jantung, seperti gagal jantung, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya.

2. Tekanan darah tinggi

Penyakit lain yang mengintai Anda jika malas bergerak adalah tekanan darah tinggi, alias hipertensi. Penelitian terbaru menemukan bahwa mereka yang menjalani gaya hidup “malas bergerak” memiliki risiko yang lebih tinggi dalam terkena hipertensi.

Apalagi jika kebiasaan ini dikombinasikan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi. Sirkulasi darah di dalam tubuh juga akan menjadi tidak lancar saat Anda jarang menggerakkan tubuh.

3. Obesitas

Percayalah, banyak dari Anda yang tenggelam di depan gadget, dengan banyak makanan, snack, dan minuman bersoda di sekeliling tempat duduk atau kasur Anda. Menonton atau menjelajahi internet sembari makan terus menerus memang enak, namun hal ini bisa berujung pada obesitas alias berat badan berlebih, lho!

Pasalnya, makanan dan kalori akan terus masuk ke dalam tubuh, namun tidak bisa dibakar dengan baik karena Anda jarang sekali menggerakkan tubuh ataupun beraktivitas. Kalori dan lemak yang tidak terbakar dapat menumpuk dan menambah berat badan Anda hingga tak lagi bisa dikontrol.

4. Osteoporosis dan encok

Tahukah Anda, bahwa malas bergerak dan jarang beraktivitas fisik dapat membuat tulang dan otot Anda melemah? Ya, semakin Anda jarang menggunakannya, maka ketahanan serta kekuatan tulang dan otot akan semakin berkurang. Hal ini tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Hasilnya, banyak dari Anda yang menderita osteoporosis dan penyakit encok padahal masih berusia muda. Tak hanya itu, malas bergerak juga bisa menyebabkan Anda terkena sindrom kelelahan Kronis, yang dipicu oleh melemahnya ketahanan otot-otot tubuh. Sindrom ini bisa membuat Anda merasa sangat lelah secara terus menerus, padahal Anda jarang bergerak seharian.

5. Sindrom metabolik

Salah satu penyakit yang mengintai jika Anda malas bergerak adalah sindrom metabolik, yang melibatkan tidak lancarnya proses metabolisme di dalam tubuh. Pasalnya, saat jarang beraktivitas, tubuh Anda semakin mudah mengalami gangguan dalam memecah serta mencerna lemak dan gula yang masuk ke dalam tubuh.
6. Diabetes

Dengan terganggunya sistem metabolisme, kemampuan tubuh untuk memecah gula menjadi energi juga akan mengalami penurunan. Alhasil, hal ini akan memengaruhi kadar gula darah di dalam tubuh Anda.

Terlalu banyak gula yang disimpan dalam tubuh, tanpa diubah menjadi energi (karena Anda tidak memerlukannya saat tidak bergerak) akan meninggikan kadar gula darah. Hasilnya, Anda akan lebih rentan dalam menderita penyakit diabetes.

7. Kanker

Ya, kanker adalah salah satu penyakit yang mengintai Anda jika malas bergerak. Beberapa studi yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa mereka yang jarang beraktivitas memiliki risiko lebih besar dalam terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker rahim. Mengerikan, bukan?

Nah, itu dia beberapa penyakit yang mengintai jika Anda masih saja malas bergerak dari depan gadget. Karenanya, yuk ubah gaya hidup Anda mulai dari sekarang! Semoga bermanfaat!

Editor : Patricia Aurelia
KOMENTAR