Khasiat Air Tajin bagi Tubuh


 Khasiat Air Tajin bagi Tubuh Air tajin merupakan air yang diperoleh dari rebusan beras, yang berwarna putih seperti susu. (Net)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Pernahkah Anda mengonsumsi air tajin? Atau bahkan ada yang belum tahu apa itu air tajin? Air tajin merupakan air yang diperoleh dari rebusan beras, yang berwarna putih seperti susu dan memiliki banyak nutrisi.

Sebagian besar orang tua memanfaatkan tajin untuk memberikannya pada bayi. Karena memang air tajin merupakan salah satu air yang dapat dengan mudah dicerna oleh bayi.

Selain bayi, banyak orang yang sudah tua maupun dewasa juga mengonsumsi air tajin. Air tajin ini memiliki rasa yang gurih dan beberapa orang biasanya menambahkan gula jawa agar tajin memiliki rasa yang manis dan gurih.

Banyak orang mengonsumsi air tajin hanya sebatas karena rasanya yang gurih saja, tanpa mengetahui manfaat air tajin itu sendiri. Air tajin bisa diperoleh baik dari beras biasa maupun dari beras merah.

Namun keduanya tetap memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut khasiat mengonsumsi air tajin bagi tubuh:

Meningkatkan EnergiKandungan karbohidrat yang terdapat di dalam tajin ini sangat diperlukan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Mengonsumsi air tajin untuk menambah energi ini aman karena terbuat dari bahan alami.

Dapat dikonsumsi sebelum melakukan segala aktivitas, sehingga dapat dijadikan bahan cadangan energi ketika melakukan kegiatan.

Mencegah Timbulnya Penyakit KankerMengonsumsi air tajin secara rutin bisa jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, sari beras yang terkandung di dalam tajin bermanfaat untuk mencegah munculnya sel kanker dalam organ tubuh.

Mengatasi Masalah PencernaanAir tajin dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti maag dan sembelit. Air tajin dipercaya dapat menetralkan asam lambung.

Sehingga dengan mengonsumsi air tajin. Masalah lambung seperti maag dapat diatasi. Selain maag, tajin juga dapat mengatasi sembelit.

Selain gangguan pencernaan seperti sembelit dan maag, air tajin juga dapat mengobati diare. Air tajin dapat bekerja sebagai elektrolit dan efektif untuk membantu menyembuhkan diare.

Mencegah Terjadinya Pikun Dengan memberikan nutrisi seperti air tajin, masalah pikun dapat sedikit teratasi. Nutrisi dalam air tajin memiliki peran dalam mengembangkan neurotransmitter sehingga dapat mencegah terjadinya pikun atau alzheimer.

Bagi penderita pikun mengonsumsi air tajin di pagi hari beserta melatih aktivitas otak secara seimbang agar tidak mudah pikun.

Meningkatkan Kesehatan Kulit WajahAir  tajin juga dapa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit. Air tajin dipercaya dapat melembutkan kulit wajah, caranya dengan memanfaatkannya sebagai masker.

Dengan menambahkan sedikit madu pada tajin, kemudian mengguanakannya sebagai masker, air tajin dapat membuat wajah menjadi bersih dan halus. (Jack Gobang)

 

 

 

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lifestyle Terbaru