Indonesia Canangkan Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara


 Indonesia Canangkan Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. (Elshinta.com)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menyatakan pemerintahan Indonesia mencanangkan menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Saat ini dunia industri memasuki memasuki era industri 4.0 yang ditandai dengan kegiatan ekonomi berbasiskan pada teknologi cyber, atau ekonomi digital.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mencanangkan visi Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020, kata Menko PMK Puan Maharani dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital adalah dengan melakukan deregulasi kemudahan berusaha, ujarnya saat pembukaan acara Indonesia Women Forum 2018 yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Lebih lanjut Menko PMK Puan Maharani menjelaskan dalam dua tahun terakhir, peringkat kemudahan berusaha Indonesia menurut laporan bank dunia, meningkat dari peringkat 109 menjadi peringkat 91, naik 15 peringkat.

Pemerintah juga menyediakan akses permodalan melalui kredit usaha rakyat mencapai Rp120 triliun.

Demi mewujudkan negara ekonomi digital yang kuat maka kita juga membutuhkan pelaku-pelaku usaha yang tangguh dan kreatif. Acara Indonesia Womens Forum 2018 ini, merupakan salah satu upaya penting dalam membangun pelaku usaha yang kuat dan kreatif khususnya kaum perempuan, katanya.

CEO Femina, Svida Alisjahbana menjelaskan, Indonesia Women's Forum (IWF) merupakan ajang selebrasi hal-hal terbaik yang sudah dicapai oleh wanita Indonesia, baik didunia karir korporasi, maupun wanita wirausaha.

Acara ini menjadi ajang pertemuan wanita bekerja terbesar di Indonesia dengan estimasi peserta dan pengunjung lebih dari 1000 wanita perhari.

Pertumbuhan UMKM Sementara itu menurut Veronica Utami Head of Marketing Google Indonesia, kontribusi UMKM di Indonesa sangat besar. Melalui bisnis online pertumbuhan UMKM mencapai 80 persen lebih banyak. Acara IWF berlangsung selama dua hari pada tangal 8-9 November 2018. Tema yang diusung dalam acara hari ini adalah "Wanita Mandiri Ekonomi".

Untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan beberapa upaya bersama untuk memperkuat ekonomi digital bagi perempuan diantaranya, memperluas dan memperkuat pelaku ekonomi digital perempuan melalui edukasi dan sosialisasi.

Meningkatkan akses permodalan, akses pasar, dan penguasaan teknologi agar dapat memperluas dan memperdalam pasar ekonomi digital, serta Membangun jaringan kelembagaan ekonomi digital perempuan.

Menko PMK menerangkan bahwa peningkatan peran perempuan dalam bidang usaha dan ekonomi membutuhkan lingkungan yang dibangun secara bersama, sehingga dapat memberikan ruang yang kondusif.

Melalui forum ini, diharapkan dapat dirumuskan agenda program, gerakan, maupun kampanye untuk membangun kapasitas ekonomi digital perempuan. Peran perempuan yang kuat dalam bidang ekonomi, akan mempercepat terwujudnya Indonesia yang sejahtera dan mandiri," kata Menko PMK.


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Ekonomi Terbaru