ARAH DESTINASI | ARAH PROPERTI | ARAH POLITIK | ARAH DESA | SCHOLAE

Update News

Kembangkan Wawasan Kebangsaan melalui Kegiatan Kreativitas

Minggu , 10 Februari 2019 | 20:48
Kembangkan Wawasan Kebangsaan melalui Kegiatan Kreativitas
Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono (Foto: Dok. Humas BPK PENABUR)

JAKARTA, ARAHKITA.COM - Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono menyebut Indonesia tengah berkembang menuju masa depan yang lebih baik. Untuk itulah, "Kita perlu memiliki satu wawasan kebangsaan yang utuh," ungkap Antono pada pembukaan Pameran “Aku Indonesia” yang digelar di SPK PENABUR Kelapa Gading, Sabtu (09/02). Pameran ini menghadirkan 300 hasil karya seni dari 20 sekolah dasar Kristen (SDK) PENABUR Jakarta.

Selain sebagai pengembangan kretivitas seni dan potensi anak, kegiatan ini juga merupakan strategi BPK PENABUR Jakarta dalam mempersiapkan siswa menyongsong revolusi industri menuju teknologi 4.0. "Kami selaku pelaku di dalam dunia pendidikan harus memikirkan bagaimana anak-anak kita bisa beradaptasi dan bersaing untuk masa depan yang begitu cepat berubah," kata Antono. Salah satu strateginya adalah mengadakan kegiatan kreativitas serupa ini.

Dipilihnya tema "Aku Indonesia" juga menjadi pembelajaran bagi para siswa mampu melihat perbedaan sebagai perekat bangas Indonesia. Diharapkan anak-anak sedini mungkin mampu memahami kebhinekaan berikut implementasinya dalam satu kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Karena nantinya generasi muda inilah yang akan meneruskan estafet pembangunan," ungkap Antono.

Ditambahkannya, dengan makin cepatnya perkembangan teknologi anak-anak tidak cukup dibekali dengan keilmuan akademik, tetapi juga harus mampu melihat situasi, menganalisa dan berani untuk berubah dan beradaptasi. Dan pembelajaran melalui kreativitas dan seni menuntut pemahaman pikiran akan hal tersebut.

“Seni dapat mengembangkan otak kanan, oleh karena itu, melalui pementasan seni ini, perkembangan otak kiri dan kanan menjadi lebih seimbang pada perkembangan anak. Kami juga berharap orangua mendukung apapun yang menjadi potensi anak," ungkap Antono.

Editor : Maria L. Martens
Reporter : Theresia Masang
KOMENTAR