Inspektorat Sorsel Ingatkan Warga Lapor Inspektorat Jika Kepala Kampung Salahgunakan Dana Desa


  • Jumat, 13 Maret 2020 | 17:00
  • | News
 Inspektorat Sorsel Ingatkan Warga Lapor Inspektorat Jika Kepala Kampung  Salahgunakan Dana Desa Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli ,SE,MAP melakukan Kunjungan Kerja Ke Distrik Kokoda disambut ribuan Warga Distrik Kokoda dan Kokoda Utara, Kamis (12/03/2020) di pelabuhan Rakyat Tarof. (Arahkita/Engelberto)

TEMINABUAN, ARAHKITA.COM - Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli ,SE,MAP melakukan Kunjungan Kerja Ke Distrik Kokoda disambut ribuan Warga Distrik Kokoda dan Kokoda Utara, Kamis (12/03/2020) di pelabuhan Rakyat Tarof. Bupati dan rombongan disambut hangat warga dengan prosesi tari tarian dari warga masyarakat distrik Kokoda dan Kokoda Utara.

Asisten 2 Bupati Sorong Selatan Yohan Hendrik Kokurule,SE yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Inspektorat Kabupaten Sorong Selatan dalam arahanya saat melakukan dialog dan tatap muka bersama aparat kampung Distrik Kokoda dan Kokoda Utara menjelaskan sejumlah hal terkait pengawasan dan penanganan dana desa.

Dijelaskan juga bahwa peran Inspektorat dalam pengelolaan Dana Desa adalah untuk mengawasi penggunaaan dana desa yang dipergunakan masing-masing Kepala Kampung untuk pembangunan infarstruktur dan kesejahteraan masyarakat di wilayah kampung.

“Jadi disini saya akan melakukan pengawasan dan sampai saat ini kami belum mendapatkan petunjuk teknis terkait pengawasan pengelolaan Dana Kampung,”ungkapnya.

Yang perlu saya ingatkan kepada semua Kepala Kampung bahwa jika nanti dana ini hadir dan dipakai untuk membiayai infrastruktur maupun kesejahteraan dan jika terjadi permasalahan atau penyalahgunaan kewenangan penggunaan dan yang tidak sesuai, saya mengimbau kepada warga masyarakat agar dapat melaporkan ke Kantor Inspektorat Kabupaten Sorong Selatan untuk diselesaikan sehingga Inspektorat dapat menganalisis permasalahan ini dan kemudian melaporkan kepada Bupati Sorong Selatan untuk mengambil kebijakan dan langkah langkah selanjutnya.

“Saya ingatkan agar warga masyarakat tidak langsung menyampaikan laporan Kepala Kampung ke pihak kepolisian jika diduga terjadi penyalagunaan Pengelolan Dana Desa,”ungkapnya.

afc5915f-f1af-490a-94de-fd7bafc4a6b0

Asisten 2 Bupati Sorsel, Yohan Hendrik Kokurule,SE yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Inspektorat Kabupaten Sorsel dalam arahanya saat melakukan dialog dan tatap muka bersama aparat kampung Distrik Kokoda dan Kokoda Utara. (Arahkita/Engelberto)

Dijelaskan bahwa dalam suatu pemerintahan ada suatu lembaga yang namanya APIP atau Aparat Pengawasan Intern Pemerintah sesuai peraturan pemerintah No. 60 Tahun 2008. Yang bertugas untuk membangun tata kelola yang baik sehingga organisasi sangat membutuhkan mata dan telinga ekstra untuk mengatisipasi resiko maupun memastikan kecukupan pengendalian interen secara keseluruhan terhadap aktifitas penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Komitmen pemerintah terhadap akuntabilitas yang tertuang dalam RPJMN 2015 -2019 yang menunjukan bahwa upaya membangun dan menjaga akuntabilitas di lingkungan pemerintahan harus dilakukan secara terukur terhadap pengelolaan Dana Desa.

Menurutnya bahwa sebelumnya telah dilakukan kerjasama antara Pemerintah, Kementerian PAN RB) , Kejaksaan dan Kepolisian .

Sementara itu Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE,MAP menambahkan bahwa saat ini penyelesaian pengelolaan dana desa dapat diselesaikan melalui APIP di kantor Inspektorat Kabupaten Sorong Selatan dan jika tidak dapat diselesaikan baru dapat dilimpahkan ke pihak Kepolisian.

Bupati juga berpesan agar Kepala Kampung tidak mengangkat bendahara dari keluarga terdekat baik istri, anak maupun menantu karena nantinya ada kemungkinan dan berdampak kepada penyalahgunaan pengelolaan dana desa,”ungkapnya

Dalam acara Tatap Muka dan Dialog yang digelar di Balai Kampung Tarof, Bupati Sorong Selatan juga menyerahkan Surat Keputusan Kepala Kampung Defenitif bagi 16 Kepala kampung sedistrik Kokoda yang diterimah oleh Kepala distrik Kokoda Husain Totarago,SIP.

Turut hadir dalam kunjungan kali ini Asisten 2 Yohan Hendrik Kokurule,SE,Kepala Kantor Kementerian Agama Sorong Selatan Drs. DM Syaranamual,MPD, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sorong Selatan Yohan Bodori,S.Sos, Sekretaris Bappeda Sorsel Herit Anny,S.Sos,MSi, Kabag Tata Pemerintahan Hengky Saflafo,SIP,MAP, Kabag Pemerintahan Kampung Robi Tinopi,SH,MAP, Kabag Umum Hengky Meki Bleskadit,SE, Danramil Kokoda, Komandan Pamrahwan Kokoda Lettu Gumelar Kepala Distrik Kokoda Husein Totarago,SIP, 16 Kepala Kampung Distrik Kokoda, 3 Kepala kampung Distrik Kokoda Utara,Baperkam serta aparat kampung dan warga distrik Kokoda dan Kokoda Utara.

Editor : Farida Denura

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

News Terbaru